Tips Ngopi di Jepang

Di dunia modern ini, kopi sudah beranjak menjadi kebutuhan sehari-hari. Bagi sebagian orang, memulai hari dengan meminum kopi merupakan suatu keharusan. Nah, tapi bagaimana kalau kita sedang bepergian ke Jepang? Membawa peralatan seduh kopi sendiri memang cukup ribet, tapi untungnya banyak pilihan untuk ngopi di Jepang!

Guide kasar ini saya buat berdasarkan pengalaman saya ngopi di Jepang di tahun 2017 dan 2019, dan mungkin bisa berubah sesuai dengan perkembangan yang ada. Tapi pada dasarnya anda mempunyai beberapa pilihan untuk ngopi di Jepang:

Beli kopi ready-to-drink (RTD) di konbini, vending machine, atau grocery store. Pilihan yang paling mudah. Kopi yang anda beli juga bisa disimpan di kulkas hotel, untuk diminum di pagi hari. Anda juga dapat menemukan rasa-rasa ajaib yang hanya ada di Jepang (misalnya smores latte), tapi perlu diingat bahwa minuman RTD ini mengandung banyak gula.

Pergi ke coffee shop chain misalnya Starbucks, Doutor, Potier Coffee, dan lain-lain. Sesuai namanya, coffee shop chain biasanya mempunyai banyak cabang dengan rasa yang cukup konsisten dari satu toko ke toko lainnya.

Kunjungi kissaten untuk ngopi dengan kearifan lokal. Kissaten bisa dibilang sebagai toko kopi tradisional Jepang, yang menyediakan kopi, teh dan berbagai makanan ringan lainnya (misalnya kue dan sandwich). Salah satu elemen ikonik dari kissaten adalah adanya figur “Master”, dimana master ini akan mempengaruhi bagaimana kissaten tersebut dijalankan – mulai dari dekorasi, pemilihan menu dan juga persiapan minuman di toko. Bisa dibilang bahwa sebuah Kissaten merupakan refleksi dari kepribadian Master yang menjalankannya.

Dan yang terakhir, kunjungi specialty coffee shop. Seperti di Indonesia, kultur kopi spesialti juga berkembang pesat di Jepang. Jepang merupakan salah satu negara yang disegani dalam kejuaraan dunia kopi – sebuah alasan untuk tidak melewatkan perkopian spesialti di Jepang!

Seperti di negara-negara lainnya, toko kopi spesialti biasanya memiliki desain yang minimalis, barista yang trendy dan tentunya menyediakan kopi grade spesialti. Biasanya saya mencari toko kopi spesialti yang juga merangkap roaster kopi.

Ada hal yang menarik – beberapa toko kopi spesialti yang saya kunjungi di Jepang biasanya menyediakan dua pilihan kopi espresso: medium roast dan dark roast. Sejauh ini saya belum menemukan pilihan light roast di Jepang. 

Demikianlah hal-hal yang dapat saya bagikan mengenai pengalaman ngopi saya di Jepang. Semoga berguna dan selamat ngopi!

Disadur dari blog https://petersutedja.wordpress.com/2020/08/25/camerads-rough-guide-to-japan-coffee-scene/