Kartu Suica : Cara Praktis Untuk Melakukan Pembayaran Transportasi Umum

Di Tokyo saat kita melakukan perjalanan dengan naik kereta komuter maupun subway ( kereta bawah tanah ) kita harus membeli tiket yang bisa dilakukan di mesin tiket atau di loket. Ada kemungkinan tempat yang kita tuju mengharuskan kita berpindah rute yang berbeda operator keretanya. Misalkan kita naik kereta JR dan harus sambung dengan kereta subway Metro maka kita harus keluar masuk dan membeli lagi tiket sebelum kita bisa masuk ke dalam kereta. Jika kita harus tiap kali membeli tiket akan sangat membuang waktu perjalanan. Solusi terbaik adalah dengan memanfatkan kartu Suica.

Apakah Suica itu ?

Suica adalah kartu elektronik yang dikeluarkan perusahaan transportasi JR-East , dapat digunakan untuk pengganti tiket ( biaya tiket terpotong sesuai biaya rute dari saldo di dalam kartu ) . Selain untuk transportasi ( kereta, subway, bus, kapal feri ), suica dapat digunakan untuk berbelanja di kombini ( mini market ) , membeli makanan & minuman / barang di vending machine yang berlogo Suica.

Beli di mana dan berapa harga nya ?

Suica dapat dibeli di stasiun JR-East di kawasan area Kanto ( Tokyo dan sekitarnya ) , Kombini (Mini Market ).

Kita dapat membeli dari kelipatan 1000 sampai 5000 yen dan 10 ribu yen sudah termasuk deposit 500 yen. Misal kita membeli yang 1000 yen berisi 500 deposit dan 500 saldo yang dapat digunakan. Jika kurang kartu dapat ditop-up / diisi saldonya di mesin tiket stasiun atau langsung di loket. Maksimal saldo adalah 20 ribu yen.

Jika kita tidak digunakan lagi, suica dapat diuangkan kembali ( deposit + saldo ) dikenakan biaya 220 yen untuk sisa saldo 1000 yen dipotong dari sisa saldo.

Suica ada untuk dewasa dan anak – anak ( usia 6-12 tahun ) bedanya biaya tiket anak – anak setengah harga dari harga dewasa , di bawah 6 tahun fasilitas kereta masih gratis. Untuk Suica anak – anak harus membeli di loket dengan menunjukkan paspor. tidak dapat dibeli di mesin.

Membeli Suica melalui mesin tiket ( Video: Youtube CK Positive )

Sebaiknya memilih suica yang tertulisa nama di kartu (MySuica) . Jika kartu hilang dapat dicetak kembali dan saldo di kartu lama dapat dipergunakan kembali di kartu yang baru.

Pintu gerbang tiket stasiun JR AKihabara

Bagaimana cara menggunakan Suica untuk berpergian dengan kereta ?

Tempelkan di bagian pembaca kartu di gerbang masuk tiket di stasiun awal tujuan. tidak perlu membeli tiket lagi di mesin tiket

Biaya tiket otomatis terpotong di stasiun tujuan saat kita menempelkan kartu pada saat keluar

Jika saldo kurang pintu tidak dapat terbuka , maka harus diisi terlebih dahulu saldo di dalam kartu.

Catatan : Suica tidak dapat digunakan untuk perjalanan dengan kereta cepat Shinkansen

Suica dapat dipakai di mana saja ?

Area yang dapat menggunakan kartu suica (foto: JR-East)

Suica dapat digunakan di berbagai kota besar di Jepang meskipun di area tersebut ada kartu elektronik dengan nama berbeda. Contoh di Osaka ada kartu ICOCA , di Hokkaido ada kartu Kitaca.

Jangka waktu suica berlaku

Jika dalam periode 10 tahun tidak dipergunakan kartu suica akan non aktif. Kartu yg non aktif dapat ditukar atau diuangkan kembali dengan dikenakan biaya.