Berkunjung ke Pabrik Pisau Tojiro

Tojiro adalah salah satu produsen pisau berstandard international. Saya memiliki kesempatan untuk berkunjung ke pabriknya yang ada di Tsubame, Niigata, pada 12 Agustus 2020. Lokasinya agak sulit dijangkau jika tidak membawa kendaraan pribadi, apalagi dalam cuaca musim panas. Tsubame-Sanjyo di Niigata dikenal sebagai daerah industri di Jepang, terutama industri logam untuk peralatan rumah tangga.

Surat keterangan kunjungan ke pabrik Tojiro

Saat pertama masuk, pengunjung diarahkan ke toko (Atelier) di bagian depan. Ada kebijakan khusus selama Covid, yaitu pengunjung diwajibkan mengisi sebuah kertas pernyataan bahwa pengunjung sehat saat mendatangi pabrik. Kemudian pengunjung diberikan kartu kunjungan, yang menyatakan bahwa hari itu pengunjung mendatangi pabrik Tojiro dan telah mengikuti arahan kesehatan selama Covid, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan alkohol, dan menjaga jarak sesama pengunjung lainnya. Setelah mengisi dokumen yang diperlukan, pengunjung dipersilakan untuk mengitari dan melihat-lihat pabrik.

Peta dan brosur pabrik pun diberikan kepada masing-masing pengunjung, ada dalam bahasa Jepang dan Inggris. Pabrik Tojiro sangat bersih, dan ada jalur khusus pengunjung dengan diberi pagar pembatas ataupun kaca pembatas dengan area pabrik dan peralatan. Para pekerja pun sangat ramah, mereka menjelaskan proses pekerjaan yang mereka lakukan dengan sangat detil. Seperti pekerja jepang pada umumnya, mereka mengerjakan pekerjaan dengan sepenuh hati dan sangat teliti.

Pekerjaan pengasahan masih dilakukan secara manual, hingga berkali-kali, jadi jangan ragu dengan ketajaman pisau Tojiro. Ada beberapa jenis pisau yang bisa dipahat nama secara manual pada badan pisau, namun hanya terbatas untuk karakter kanji dan kana.

Setelah puas keliling pabrik, semua pengunjung diarahkan kembali ke Atelier. Menurut saya ini adalah jalur marketing, seperti saat main wahana di Disneyland, selesai main kita akan diarahkan ke toko souvenir. Mata saya langusng tertuju ke pisau-pisau Damascus. Saya memang pecinta Damascus/ Mokumegane, karena memiliki pola yang cantik. Pertama, saya membeli 1 buah pisau Damascus dengan budget yang ada, kemudian pergi meninggalkan toko. Namun satu jam kemudian saya kembali ke toko Tojiro dan membeli lagi sebuah pisau Damascus, Tojiro Shippu Black DP Damascus. Silakan lihat sendiri pada gambar, pisau yang membuat saya galau!


Damascus 37 layered DP
Damascus Shippu Black DP

Untuk informasi lebih detail mengenai pisau Tojiro bisa akses di website resminya dalam bahasa Inggris : https://www.tojiro-japan.com/