Okunoshima – Pulau Kelinci di Jepang

Ōkunoshima (大 久 野 島) adalah sebuah pulau kecil di laut bagian dalam Jepang . Pulau ini merupakan bagian dari kota Takehara, Prefektur Hiroshima. Okunoshima dapat diakses dengan feri dari Tadanoumi dan Ōmishima. Ada tempat perkemahan, rute lintas alam , dan tempat-tempat bersejarah di pulau itu. Okunoshima sering disebut sebagai Usagi Shima (う さ ぎ 島, “Pulau Kelinci”) karena banyaknya kelinci liar yang berkeliaran di pulau itu. Kelinci – kellinci di pulau Okunoshima kebanyakan sudah jinak dan mau mendekati manusia. Pulau ini berukuran kecil dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki.

Naik kapal feri untuk menyebrang ke pulau

Pada bulan Maret yang lalu saya dan keluarga mengunjungi pulau Okunoshima dan menginap semalam di sana. Saya naik mobil dari Osaka lalu parkir di pelabuhan feri untuk menyebrang ke pulau. Kami membawa wortel dan kubis di ransel yang diisi penuh untuk makanan kelinci.

Reruntuhan pembangkit listrik pulau Okunoshima pada masa lalu

Pulau ini dahulunya tempat rahasia pembuatan senjata kimia di jaman perang dunia. Setelah perang dunia berakhir pabrik senjata kimia ditutup dan segala catatan dan riset mengenai pembuatan bahan kimia dibakar dan dimusnahkan. Reruntuhan pabrik kimia dan tempat penyimpanan masih dapat ditemukan di pulau ini tapi tidak dibuka umum demi faktor keamanan . Pada tahun 1988 dibuka museum gas beracun untuk mengingatkan akan bahaya senjata kimia.

Populasi kelinci di pulau ini cukup banyak . Ada anggapan bahwa kelinci – kelinci pulau ini merupakan keturunan kelinci binatang percobaan dari laboratorium senjata kimia. Faktanya kelinci di pulau Okunoshima saat ini merupakan keturunan kelinci – kelinci yang dilepas liarkan sejak pulau ini diubah menjadi taman nasional. Kelinci memang dipergunakan sebagai binatang percobaan tetapi sudah dimusnahkan sejak pabrik tersebut ditutup jadi tidak ada hubungan dengan kelinci – kelinci yang hidup sekarang ini.

Ibu Kelinci dan anaknya
Di depan hotel tempat kami menginap
Anak – anak bermain bersama kelinci – kelinci liar
Meski hewan liar kelinci – kelinci pulau Okunoshima sangat jinak, tidak berebut wortel dan kubis yang kami bagikan
Fasilitas buffet dan onsen di hotel tempat kami menginap sangat memuaskan
Para staff hotel dengan telinga kelinci mengucapkan salam perpisahan saat kami pulang

Untuk informasi lebih detail mengenai pulau Okunoshima dapat di pelajari diwebsite ini : http://rabbit-island.info/en/