Menikmati kuliner Jepang melalui film drama Jepang “midnight diner”

Kuliner khas Jepang sangat digemari oleh banyak orang. Jika anda suka menikmat hidangan makanan Jepang dan suka menyaksikan acara atau film bertemakan budaya Jepang , film serial drama Jepang “Midnight Diner” sangat direkomendasikan.Serial drama ini dapat ditonton melalui layanan media streaming “Netflix”.

“Midnight diner” atau “Shinya Shokudo” dalam bahasa Jepang diangkat dari manga berjudul sama “Shinya Shokudo” yang dikarang oleh Yaro Abe. Fokus utama dalam drama ini adalah sebuah kedai rumah makan kecil bernama “Meshiya” yang buka pada jam 12 malam di sebuah gang sempit di daerah Shinjuku , Tokyo.

Kedai rumah makan tersebut dioperasikan oleh hanya 1 orang yang tidak pernah disebutkan namanya , para pelanggan tempat tersebut hanya memanggil si pemilik yang juga juru masak dengan sebutan “Master”. Para pelanggan rumah makan tersebut terdiri dari berbagai macam kalangan : ada polisi, ada yakuza , ada kaum gay , penari striptis ,pekerja kantoran dan macam – macam lainnya yg menjadikan serial drama ini sangat menarik.

Berbagai makanan Jepang yang ditampilkan dalam serial drama ” Midnight Diner”

Hal unik di kedai tersebut pada menu yang terpasang di dinding hanya terdapat 4 macam : tonjiru ( sop khas Jepang yang terbuat dari sayuran dan daging babi) , sake, bir dan shochu. Tetapi pelanggan dapat meminta dibuatkan makanan apa saja asal bahannya ada dan si master dapat membuatnya.

Yang menarik dari drama ini tidak hanya dari segi kuliner dan makanannya saja. Banyak drama kehidupan yang dialami para pelanggan rumah makan tersebut. Sang master merupakan sosok bijaksana yang mendengarkan segala keluh kesah pelanggannya dan memberikan nasihat yang bersifat tidak menggurui.

Durasi tiap episode film drama ini hanya sekitar 25 menit. Masing – masing episode fokus pada 1 menu makanan jadi tidak disarankan menonton dengan perut dalam keadaan kosong. Di tiap akhir episode ada panduan serta tips membuat menu makanan yang menjadi fokus utama episode tersebut.

Dari serial drama ini banyak bisa dipelajari filosofi kehidupan orang Jepang , permasalahan yang umum terjadi seperti konflik rumah tangga, hubungan antar teman, hubungan cinta ,dan macam – macam hal lainnya yang menarik untuk disimak.

Midnight diner terdiri dari 5 musim drama yang sudah tayang sejak 2009. Pada musim ke 4 dan ke 5 dengan judul “Midnight Diner : Tokyo Series” merupakan produksi Netflix Jepang yang membeli hak produksi dari produser Jepang aslinya. Karena bersifat antologi penonton serial drama ini bebas memilih episode yg mana dahulu untuk disaksikan . Tidak harus menonton dari awal musim pertama. Karena sukses di Jepang , Midnight diner diremake dalam berbagai versi di Korea dengan judul “Late Night Restaurant” dan “Midnight Diner” di negeri tirai bambu TIongkok.

Resep – Resep makanan Midnight Diner Tokyo Stories :

Netflix Midnight Diner: Tokyo Stories – Season 1 Recipes • Just One Cookbook

Netflix Midnight Diner: Tokyo Stories – Season 2 Recipes • Just One Cookbook

Resep omurice dari salah satu episode midnight diner
source: just one cookbook