Jalan – Jalan ke Kojima Jeans Street

kojima jeans street

Mungkin tidak banyak yang menyadari, akan tetapi Jepang adalah salah satu negara produsen jeans artisan terkemuka di dunia. Brand-brand seperti Momotaro, Samurai, Evisu dan Studio D’Artisan, adalah sebagian dari brand jeans artisan Jepang. Bagi anda yang tertarik dengan jeans dan denim, tentunya anda tidak akan melewatkan kunjungan ke lokasi tempat revolusi Jeans bermula di Jepang: di Kojima, Okayama.

Holy Land of Jeans Kojima
Holy Land of Jeans Kojima

Pada awalnya, prefektur Okayama merupakan salah satu pusat penghasil seragam sekolah (industri tekstil berbasis katun) di Jepang. Hal ini disebabkan karena kedekatan geografisnya dengan sumber penghasil tanaman kapas. Namun, pada tahun 1960an, industri katun Okayama mengalami tekanan karena munculnya bahan sintetik baru – tetoron, yang menyebabkan berpindahnya permintaan dari seragam sekolah berbahan katun menjadi berbahan tetoron.

The wall of Jeans on Building
The wall of Jeans on Building

Salah satu produsen dan eksportir seragam sekolah berbasis katun di Kojima, Maruo Clothing Co., menyadari bahwa mereka harus mencari cara untuk bertahan, dan singkat cerita mereka mengubah bisnis mereka menjadi produsen jeans. Maruo akhirnya berubah nama menjadi Big John.

Dengan demikian, revolusi jeans di Jepang telah dimulai. Ada banyak alasan mengapa jeans Jepang cukup digandrungi, walaupun jeans merupakan pakaian yang diciptakan di Amerika, yaitu detail dan kualitas konstruksi dimana beberapa brand berusaha untuk mereplikasi jeans yang persis digunakan pada masa lampau, dan juga eksperimen terhadap bahan denim itu sendiri, misalnya dengan memainkan teknik pewarnaan dan berat bahan tersebut.

Bermacam - macam fabrik jeans
bermacam – macam fabrik jeans

Seiring dengan waktu, produsen jeans telah memindahkan pusat produksinya dari Kojima. Pada tahun 2009, Japan Blue Group (yang membawahi brand Momotaro, Japan Blue Jeans dan Collect Mills) dan Kapital, menginisiasi usaha untuk re-branding Kojima. Salah usahanya adalah dengan mengubah Ginza Street di Kojima yang tadinya telah mati menjadi “Jeans Street” dimana di sepanjang jalan tersebut akan berkumpul toko-toko ritel dari brand jeans asli Okayama. Kapital, walalupun tidak terlibat di Jeans Street, mempunyai sebuah Concept Store di Kojima, yang terletak cukup jauh dari Jeans Street – jangan sampai terlewat!

Jeans street dapat dicapai dengan menggunakan jalur kereta Seto-Ohashi, dari Stasiun Okayama ke Stasiun Kojima. Jalur ini dioperasikan oleh JR, jadi anda dapat menggunakan JR Pass anda untuk rute ini. Apabila anda tidak mempunyai JR Pass, anda akan membayar ¥840 sekali jalan. Pastikan anda menaiki kereta Rapid jangan Local agar lebih cepat sampai.

Sampai di Stasiun Kojima – jangan lupa berfoto-foto dengan latar belakang tema jeans.

Jeans Street dapat dicapai dengan berjalan 1km dari Stasiun Kojima, atau dengan menaiki bus. Saya memilih untuk berjalan, dan berhenti sebentar di “Takato Udon” untuk makan siang.

Jeans Street sendiri panjangnya tidak mencapai 1km, tapi banyak spot foto yang anda dapat gunakan; berhenti untuk menikmati es krim soft-serve indigo – spesialti dari Okayama; dan jangan lupa mampir toko ritel jeans dimana anda dapat shopping mengobrol dengan penjaga toko mengenai trend fashion denim di Jepang.

Beberapa tips: cobalah untuk datang di hari Sabtu/Minggu karena ada beberapa toko (misalnya Pure Blue Jeans) yang hanya buka di akhir pekan. Dan jangan lupa untuk mampir ke toko Kapital (berada di sisi kota yang lain dari Jeans Street) – Kapital Blue Hands Kojima – https://goo.gl/maps/XqYF8rUr97VDgJ5QA

Disadur dari posting blog https://petersutedja.wordpress.com/2020/06/30/kojima-jeans-street-adventure/

Beberapa bacaan lebih lanjut mengenai Revolusi Jeans di Jepang: