Menikmati warung kaki lima ala Jepang “Yatai” di Fukuoka

Pada bulan April 2017 saya mendapat kesempatan mengunjungi Fukuoka. Kota Fukuoka yang berada di pulau Kyushu sebelah selatan Jepang terkenal akan restoran kaki lima nya “Yatai” . Menu yang dihidangkan di Yatai biasanya adalah ramen , yakitori, gyoza , tempura yang disantap dengan minuman bir , sake atau shochu.

Yatai kebanyakan mulai buka dari sekitar jam 6 sore dan mulai tutup jam 1 pagi. Di Fukuoka banyak terdapat kedai yatai di area Nakasu dan Tenjin. Banyak orang Jepang setelah selesai bekerja menikmati makan malam di kedai yatai sambil mengobrol bersama teman atau rekan kerja.

Setelah mengunjungi berbagai tempat wisata di Fukuoka. Tidak saya lewatkan kesempatan makan malam di sebuah kedai Yatai di Fukuoka. Ketika memasuki kedai Yatai tersebut terasa aroma khas tercium dari dalam kedai. Tampak dalam counter berbagai daging yang dihidangkan. Saya memesan Yakisoba yang merupakan mie goreng ala Jepang , porsinya lumayan besar. Isinya terdiri dari mie dengan sayuran , bawang bombay , daging dan jeroan babi dilengkapi dengan telur ayam.

Rekan seperjalanan saya memesan ramen yang dilengkapi dengan topping daun bawang , irisan daging babi, jahe , bawang dan kikuraga (jamur kuping).

Untuk seporsi Yakisoba dikenakan biaya 800 Yen dan Ramen seharga 600 Yen . Untuk minum karena kami tidak minum minuman beralkohol kami mendapatkan segelas air putih yang tidak dikenakan biaya.

Selain kedai yatai yang saya kunjungi banyak kedai yatai lainnya dengan berbagai variasi menu yang beragam. Ada beberapa kedai yatai yang favorit yang ramai dikunjungi pembeli sehingga harus mengantre untuk menunggu giliran menyantap makanan.

Ada kurang lebih 200 kedai yatai yang berada di Fukuoka. Pemilik kedai harus memiliki ijin dari pemerintah kota setempat agar dapat bisa menjalankan usahanya. Di tempat saya bersantap ada dipasang semacam ID lisensi si penjual di atas counter makanan yang menyatakan kedai tersebut resmi & legal.

Semoga saya dapat kesempatan kembali ke Fukuoka untuk menikmati kedai Yatai lainnya.